Berbagi ilmu seputar tips Android, root android, custom rom, dan info menarik seputar gadget

Wednesday, 5 July 2017

Cara Hemat RAM dan Baterai Android Dengan Aplikasi Greenify

Optimalkan RAM dan Hemat Baterai Android Dengan Aplikasi Greenify - Kamu pengguna hp android yang masih menggunakan hp lama? Pasti kapasitas RAM masih dibawah 1Gb kan? Buka aplikasi sedikit saja sudah hampir penuh RAM nya. Pasti kamu akan berfikir bagaimana cara melegakan RAM di android. Maka dari itu di Artikel yang saya buat kali ini saya akan membahas cara menghemat penggunaan RAM dan baterai di Android dengan Greenify beserta cara memasang dan menggunakannya.
Greenify Untuk Melegakan RAM dan Hemat Baterai Android Image by androidpit.com

Cara Menghemat RAM dengan Greenify

Mungkin dari kita tidak sadar kalau banyak aplikasi yang sedang berjalan dilatar belakang di Android kita, nah oleh sebab itu dengan greenify ini yang fungsinya dapat menghibernasi semua aplikasi kita dapat menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Japabila kita tidak butuh aplikasi tersebut akan nonaktif dan bila butuh baru aktif. Perlu anda ketahui bahwa dengan menghibernasi aplikasi, maka kapasitas RAM jadi tidak sesak berbeda halnya dengan task killer karena kalau task killer langsung di stop paksa aplikasi kalau greenify hanya di hibernasi dan dipending jadi lebih Aman.

Ini dia Cara Mengoptimalkan RAM dengan Greenify

Berdasarkan yang saya uji, keuntungan yang saya dapatkan setelah menggunakan aplikasi ini selain dapat membuat free RAM sekitar 250-350Mb, aplikasi ini juga memiliki kelebihan seperti mengirit penggunaan batrerai saya, no lag, ngirit kuota internet di android saya dan ini merupakan aplikasi yang sangat bagus dan recomended untuk anda coba. Nah bila anda tertarik menggunakan aplikasi ini berikut persyaratan dan tutorial Cara Melegakan RAM di Android dengan Greenify:

Beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum menggunakan aplikasi Pelega RAM Greenify ini antara lain:
  1. Perangkat android minimal versi Jellybean.
  2. Perangkat android sudah dalam keadaan Root, jika belum di root anda bisa baca cara me-root semua android Disini.
  3. Grenify Donate version Pack.zip dapatkan Disini.
Perhatian: untuk memudahkan anda, disarankan untuk mendapatkan aplikasi Greenify donate version ini melalui PC/ Laptop anda.
Apabila ketiga persyaratan diatas sudah anda penuhi selanjutnya anda bisa menyimak tutorial cara memasang Greenify untuk Menghemat RAM berikut ini:
  • Jika anda mendapatkan Greenify (donate version) ini melalu PC/Laptop anda, Ekstrak dulu Greenify_Donate_Pack.zip, lalu pindahkan semua file apk nya ke SD Card android anda.
  • Setelah itu lalu install semua aplikasi nya satu persatu.
  • Langkah selanjutnya buka Lucky Patcher, pilih Greenify (donation) kemudian buka menu patch > Hapus Verifikasi Lisensi > Auto Mode.
Cara Melegakan RAM dan Menghemat Baterai Android Menggunakan Greenify
Image by mysoftwared
  • Buka Xposed installer, kemudian pilih/install framework, klik dulu "install/update" lalu reboot.
Cara Melegakan RAM dan Menghemat Baterai Android Menggunakan Greenify
  • Kemudian buka lagi Xposed Installer, pilih Modules lalu centang Greenify 1.95. Lakukan reboot lagi.
Cara Melegakan RAM dan Menghemat Baterai Android Menggunakan Greenify
  • Untuk cara penggunaanya jika ingin menghibernasi semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang/ background ketika Hp android terkunci atau sedang tidak digunakan: Buka Greenify, pilih menu dikiri bawah > Fitur Eksperimental. Kemudian beri ceklis pada pilihan menu tertentu sesuaikan seperti pada point ke tiga gambar dibawah ini:
Cara Melegakan RAM dan Menghemat Baterai Android Menggunakan Greenify
  • Dan untuk cara penggunaannya jika ingin hibernasi app ketika Hp sedang menyala: buka greenify lalu Touch tanda “+” di kanan bawah untuk mencari dan memulai hibernasi aplikasi, klik aplikasi yang akan dihibernasi kemudian tekan ceklist dipojok kanan atas. proses ini cocok bagi gamer sebelum memulai permainannya, agar ram terasa lebih lega dan pastinya maen game pun akan lebih smooth, jadi nanti kita bisa hibernasi aplikasi-aplikasi yang kira-kira dapat berjalan dibackground sebelum mulai bermain game.
  • Atau jika auto hibernate ini tidak berjalan bagaimana semestinya, kita harus menghibernasi aplikasi yang tidak terhibernate/tertunda tersebut secara manual seperti gambar di bawah ini:
Cara Melegakan RAM dan Menghemat Baterai Android Menggunakan Greenify
  • Tanda pause/zzzz pada gambar diatas adalah tombol untuk hibernasi.
Catatan : Ingat jangan sekali-kali meng-hibernasi setcpu, karena aplikasi tersebut penting untuk proses penghematan baterai dan Jangan meng-hibernasi aplikasi-aplikasi yang anda rasa penting untuk tetap selalu berjalan di background. Contohnya : Setcpu, weather widger, clock, BBM mungkin, dsb. Karena aplikasi tersebut tidak akan berjalan sebagaimana mestinya jika di hibernasi, dan harus di launch dahulu agar kembali hidup. Silahkan saja anda pilih-pilih mana yang harus dihibernasi dan mana yang tidak.  
Nah itulah cara yang dapat anda gunakan untuk mengoptimalkan penggunaan RAM serta Baterai ponsel android anda. Semoga dapat bermanfaat untuk anda, selamat mencoba. Berkomentarlah dibawah jika ada yang kurang jelas.

sumber: mysoftwared.blogspot

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Hemat RAM dan Baterai Android Dengan Aplikasi Greenify

0 komentar:

Post a Comment