Berbagi ilmu seputar tips Android, root android, custom rom, dan info menarik seputar gadget

Saturday, 14 January 2017

Pengertian Sistem Operasi Lengkap, DOS, Windows, Linux dan Macintosh

Pengertian sistem operasi (Operating System)

Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang sifatnya sangat mendasar dan mutlak diperlukan untuk mengoperasikan komputer. Pengertian umum sistem operasi adalah sebuah program yang mengatur perangkat keras dan bertindak sebagai landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya. Sedangkan menurut William Stallings, sistem operasi adalah program yang menutup detil hardware yang rumit kepada programmer dan menyediakan antarmuka (interface) yang mudah bagi programmer untuk mengakses hardware dalam mengembangkan sebuah program. Ada definisi lain yang dikemukakan oleh ANSI (American National Standart Institute bahwa sistem operasi merupakan perangkat lunak yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer seperti, mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data, serta berbagai bentuk layanan terkait.

Sistem operasi berkembang sangat cepat. Hal ini dibuktikan dengan adanya perkembangan sistem operasi berdasarkan tingkat generasi komputer, yaitu sebagai berikut:

a. Sistem operasi pada generasi tabung
Pada komputer generasi vacuum-tube, hampir semua sistem operasi komputer dilakukan secara manual melalui plugboard. Pada masa tersebut sistem operasi belum memadai, sehingga operator komputer melaksanakan tugas dengan waktu yang lama.

b. Sistem operasi pada generasi transistor
Pada masa ini, sistem operasi dikembangkan untuk mengatur pergantian antarpekerjaan agar waktu instalasi pekerjaan berikutnya lebih efisien. Dalam masa ini juga muncul sebuah konsep yang dinamakan Batch System. Batch system merupakan suatu cara untuk menghindari waktu nganggur CPU yang lama. Sistem ini dikembangkan menjadi teknik pengurutan job secara otomatis.
Sistem operasi ini juga memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan operator atau programmer secara langsung melalui layar atau monitor.

c. Sistem operasi pada generasi IC-Chip
Sistem operasi yang dikembangkan pada masa ini digunakan untuk menangani konsep multiprogramming, multiprocessing, timesharing, atau multitasking, dan real time system. Multiprogramming system secara prinsip meletakkan lebih dari satu program ke dalam memori utama.

d. Sistem operasi pada generasi PC
1. Disk Operating System (DOS)
DOS merupakan salah satu sistem operasi yang biasa dipakai pada komputer IBM-PC ataupun kompatibelnya. DOS mempunyai sejumlah versi diawali dengan DOS versi 1.00 dirilis pada tahun 1981 dan terus mengalami perkembangan hingga menjadi versi 7.00 pada tahun 1996. Kemampuan DOS juga semakin meningkat dan berkembang ke arah general purpose system, konsep jaringan komputer, serta konsep User Friendly.

2. Windows
Windows merupakan sistem operasi yang diperkenalkan tahun 1985 setelah DOS, tetapi windows baru populer pada versi 3 yang diluncurkan pada tahun 1990. Bila dibandingkan dengan DOS, windows mempunyai kemampuan yang lebih yaitu kemampuan membuka beberapa file atau aplikasi secara bersamaan atau dikenal dengan sebutan (multitasking).

3. Macintosh
Macintosh operating system merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan sistem GUI (Graphical User Interface). Pada sistem operasi ini perintah-perintah untuk komputer diganti dengan gambar yang mewakili tugas yang dimaksud. Para pengguna komputer yang ingin mendapatkan macintosh ini harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit, karena harga macintosh yang cukup mahal. Di samping itu, sistem operasi macintosh tidak bisa dijalankan pada komputer IBM dan kompatibelnya, pemakai harus mengganti komputernya dengan Apple-Macintosh.

4. Unix
Unix adalah sebuah sistem operasi yang pada awalnya dikembangkan oleh Bell Labs pada tahun 1969 sebagai sebuah sistem yang berkonsep “interaktif-time sharing”. Unix diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie.
Adapun karakteristik Unix adalah sebagai berikut:
a. Multitasking
b. Multiuser
c. Line/Text Command Base
d. Secure
e. Ready for Network

5. Linux
Adalah sebuah sistem operasi komputer yang merupakan turunan dari sistem operasi Unix dan memiliki seluruh kemampuan dan keunggulan dari sistem Unix. Linux adalah sistem operasi yang berbasis GPL (General Public Licence) yang berarti linux dapat didapat dengan gratis tanpa harus membayar kepada pemegang lisensi.

6. Free BSD
Adalah sebuah sistem operasi BSD Unix yang lebih maju untuk komputer jenis PC. Sistem operasi ini dikembangkan oleh sekumpulan programmer individu.
Perbedaan antara FreeBSD dengan Linux adalah aplikasi terbuka di mana kode program diberikan secara gratis dan aplikasi linux bisa dikembangkan oleh siapa saja. Adapun freeBSD adalah aplikasi tertutup yang diprogramkan oleh pengembang yang membuat sistem operasi BSD.

7. BeOS
Adalah sistem operasi komersial baru yang menarik. Sistem operasi ini mengizinkan kita bekerja dengan aplikasi audio, video, image, berdasarkan pada internet dan menyunting file berukuran berjuta-juta gigabyte dalam waktu yang sangat singkat.

8. Sun solaris
Adalah sebuah sistem operasi Unix yang dibuat oleh Sun Microsystem untuk kegunaan stasiun kerja dan server UtraSparc dan juga ix86.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Sistem Operasi Lengkap, DOS, Windows, Linux dan Macintosh

0 komentar:

Post a Comment