Berbagi ilmu seputar tips Android, root android, custom rom, dan info menarik seputar gadget

Friday, 20 January 2017

Mengatasi Windows Script Host Error Access is Disabled

Windows Script Host access is disabled on this machine. Contact your administrator for details. Pernahkah kamu mengalami eror di laptop kamu dan menemukan tulisan di atas pada saat kamu menghidupkan laptop atau PC kamu? Bagaimana mengatasinya?


Masalah error ini terjadi ketika kamu menyalakan laptop, meski kamu sudah menutupnya pesan ini akan terus ada ketika kamu menyalakan laptop kembali dan ini tidak akan berhenti. Apa penyebabnya? Menurut Microsoft, peringatan ini muncul karena kita mencoba menjalankan sebuah script dari file batch atau aplikasi seperti cscript.exe atau c:\scripts\myscript.vbs

Padahal kita sama sekali tidak melakukan modifikasi apa apa dengan laptop kita. Ternyata penyebabnya adalah beberapa aplikasi yang mencoba untuk menjalankan script tersebut tanpa sepengetahuan kita. Lalu bagaimana cara menghentikan pesan yang sering muncul ini?

Kita bisa menggunakan aplikasi smadav pada laptop kita. Smadav memiliki fitur untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Windows Script Host ini. Secara otomatis memang fitur ini telah dinonaktifkan oleh Smadav, sebab beberapa aplikasi yang berjalan bisa jadi merupakan software yang berbahaya dan bisa mengandung malware. Untuk itu agar tidak menggangu kinerja PC, maka fitur tersebut dinonaktifkan.

Lalu mengapa bisa muncul pesan itu? Ketika kita menghidupkan laptop, mungkin saja ada beberapa aplikasi yang mengharuskan untuk menjalankan WSH tersebut. Untuk itu kita bisa mengaktifkan manual lewat fitur di Smadav ini. Lalu bagaimana cara mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Script Host ini?
1. Klik icon smadav yang ada di sistem tray Pojok kanan bawah dekat Wifi (logo panah atas)
2. Klik kanan pada icon smadav, kemudian pilih “Allow Windows Script & Macro (Forever)”. Jika muncul peringatan maka klik saja OK.

Selesai sudah. Kamu bisa menjalankan aplikasi dan tidak menemukan pesan error yang mengganggu. Kamu bisa menonaktifkan lewat langkah yang sama.

Nah, jika kamu belum punya smadav, kamu bisa mengaktifkan WSH melalui Regedit. Caranya jalankan Windows + R, kemudian ketik “regedit” dan pergi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows Script Host\Settings Kemudian pada Enabled klik dua kali. Lalu isi dengan angka 1.
Jika ada kesulitan silahkan berkomentar di bawah ya!
(adm)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengatasi Windows Script Host Error Access is Disabled

0 komentar:

Post a Comment