Berbagi ilmu seputar tips Android, root android, custom rom, dan info menarik seputar gadget

Saturday, 28 January 2017

Contoh Makalah Sejarah dan Perkembangan Internet

Contoh Makalah Sejarah dan Perkembangan Internet - Kali ini admin akan berbagi makalah seputar dunia komputer khususnya internet. Internet pertama kali kapan diciptakan, bagaimana sejarah awal internet, sejauh apa manfaat internet, contoh isp provider yang ada di Indonesia dan sebagainya. Semoga makalah internet mengenai sejarah, manfaat dan perkembangannya ini bisa bermanfaat.


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang maha kuasa, karena dengan rahmat-Nya lah kami masih mampu menyelesaikan makalah ini. Tak lupa kami haturkan salam dan shalawat kepada junjungan alam Nabi besar Muhammad SAW.
Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada dosen kami yang terhormat ibu Lailis syafaah yang telah membimbing kami dalam menyelasikan makalah ini.
Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini , maka dari itu kami sangat mengharapkan kritik serta saran dari segala pihak.
Malang, 18 Desember 2014






BAB I
PENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang
Secara sederhana, Internet adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi antara yang satu dengan yang lain. Media koneksi yang digunakan bisa melalui sambungan telpon, serat optik (fiber optic), kabel koaksial (coaxial cable), satelit atau dengan koneksi wireless.
Ketika kita log on (dalam hal ini terhubung) dengan internet, kita diberikan hak akses ke komputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubung juga dengan internet. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, saat ini internet dapat dihubungi dengan koneksi wireless dari handheld PC atau dari sebuah komputer notebook.

Setelah terhubung dengan internet kita dapat melakukan beberapa hal, misalnya : mengirim dan menerima email, chating dengan media text atau suara, berselancar (surfing) di World Wide Web, atau hal-hal lain dengan suatu software aplikasi tertentu.

Secara sederhana, cara kerja Internet sama seperti sistem pos atau sistem pengantar parcel, yang membedakan hanya cara kerja dari internet lebih cepat dari sistem-sistem lainnya.
Misalnya, bila sekarang ini kita di Surabaya dan akan berkirim email ke Amerika, setelah kita tekan tombol Kirim (Send) selanjutnya email kita tadi akan menuju ke mail server. (Mail server ini biasanya bukanlah komputer yang sedang kita pakai saat ini, tetapi bagian dari layanan yang ada di Internet, sehingga kita bisa saja keluar dari Internet setelah menekan tombol Kirim tanpa mengganggu proses pengiriman email tersebut). Kemudian, mail server kita tersebut akan mencoba mengontak mail server di Amerika melewati rute Jakarta – Singapura – Jepang – Amerika atau bila rute tersebut sibuk dapat menngunakan rute Australia -Amerika.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Internet
Internet merupakan singkatan dari interconeccted Network jika diterjemahkan secara langsung adalah jaringan yang saling terhubung. Internet Adalah Kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam satu jaringan, disebut jaringan yang saling terhubung karna internet menghubungkan komputer dengan jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar, saat diperkirakan terhubung ratusan ribu komputer yang terhubung dengan internet.

Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa, artinya semua orang mempunyai hak yang sama di internet, karena itu internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terkait dengan peraturan perundang undangan negara tertentu dan tanpa dibatasi batas batas wilayah tetoturial negara tertentu.


 2.2 Peran Penting Internet
  • Internet Sebagai Sumber Data Informasi dan Komunikasi
Sebagai sumber informasi, internet menyimpan berbagai jenis informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Kita dapat mengakses informasi apapun di internet, bahkan jika ingin kita juga dapat menempatkan informasi yang kita miliki di internet agar dapat diakses oleh orang lain.
  • Internet Sarana Pertukaran Data
Internet digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lain, tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer tersebut.
Dua komputer yang sama terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi antara satu dengan yang lain, atau pertukaran data dan informasi akses data yang dilakukan dalam waktu yang sangat cepat.
Internet menjadi salasatu pemicu Globalisasi karena telah menghilangkan batas batas dunia, Internet memungkikan kita mengakses informasi yang disimpan dikomputer belahan dunia, Internet telah membuat orang dari belahan bumi yang berbeda dapat bekomunikasi tanpa dibatasi oleh batas batas negara, waktu, jarak dan hukum birokrasi suatu negara.

2.3 Sejarah dan Perkembangan Internet Dunia

2.3.1  Sejarah Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun1969, melalui proyek ARPAyang disebutARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

 2.3.2 Perkembangan Internet
Internet telah membuat revolusi baru dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Beberapa Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.
Perkembangan Sejarah intenet dapat dibagi dalam empat aspek yaitu :
  • Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti skala,performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.
  • Adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks.
  • Adanya aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para Internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus teknologi ini.
  • Adanya aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure), yang awalnya disebut “the National (atau Global atau Galactic) Information Infrastructure” di Amerika Serikat. Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Dan pengaruhnya tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja tetapi juga berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang sekarang kita lakukan yaitu kita banyak mempergunakan alat-alat bantu on line untuk mencapai sebuah bisnis elektronik (electronic commerce), pemilikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat.
 2.4 Manfaat Internet
       Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet . Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet :
  • Informasi untuk kehidupan pribadi, kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani,sosial.
  • Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja sains, teknologi, perdagangan,saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara,ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat.
  • Pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaatinternet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.
  • Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.
2.5 Dampak dari penggunaan Internet
  • Dampak Positif Internet
  • Mencari Informasi
  • Membaca Buku
  • Mengirim Surat
  • Membaca Koran atau Majalah
  • Menonton TV
  • SMS Berdiskusi / Ngobrol
  • Bertatap Muka
  • Mencari Uang
  • Dampak Negatif internet
  • Pornografi Anak / Eksploitasi
  • Umpatan dan pelecehan Cyber
  • Perdagangan Pasar Gelap Cyber .
  • Kesalahan informasi / Propaganda
  • Penipuan
  • Kecanduan Online
  • Online Sexual Predators
  • Virus Komputer dan Worms
  • Hacking and Data Security

2.6 Layanan akses internet yang di tawarkan ISP
  • Hotspot
Hotspot adalah zona yang memungkinkan seseorang bisa melakukan akses intenet secara nirkabel.
  • Dial Up
seperangkat protokol dan software yang digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer ke internet service provider (ISP), layanan online atau komputer yang berjauhan, melalui modem analog dan POTS (plain old telephone system).
  • DSL
mempunyai kepanjangan “Digital Subscriber Line”. DSL menggunakan teknologi digital untuk mengirim data terkompressi melalui kabel telepon biasa yang terbuat dari tembaga (drop wire cable).
  • Mobile Access
layanan akses internet melalui telepon seluler  yang mendukung teknologi mobile access, baik telepon selular berbasis CDMA Ataupun GSM dengan teknologi 3G.


BAB III
PENUTUP

3.1 KESIMPULAN

Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (“antarjaringan”).

3.2 SARAN

Saran yang dapat penulis berikan adalah semoga dengan kemajuan internet yang semakin cepat ini membuat segala kebutuhan user dalam dunia elektronik terpenuhi, serta dengan tidak menggunakannya dalam hal-hal yang buruk , misalnya seperti cyber crime, hacking dan sebagainya.

DAFTAR PUSTAKA

Andrew S. Tanenbaum (2008) “Manfaat Internet”  Jakarta: Rineka Cipta
Drew Heywood (2007). “Pengaruh Internet di Kalangan Remaja” Jakarta: Herlangga
Lani Sidharta (2006) “Sejarah dan Perkembangan Internet”  Yogykarta: PT Bumi Aksara

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Makalah Sejarah dan Perkembangan Internet

0 komentar:

Post a Comment